468x60_banner

Berani Memulai Bisnis Online

banner468x60
banner160x600

Waktu itu saya sempat ragu untuk memulai bisnis online. Dalam benak saya selelu muncul pertanyaan-pertanyaan yang membuat saya takut memulainnya. Saya takut ditipu, takut dibohongi, diperas, dsb. Setelah masa keraguan saya lewat, saya mulai semangat dan harus segera membangun bisnis online dengan tujuan supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, karena saya berpikir bahwa ini adalah peluang usaha dengan modal kecil. Nah, setiap orang yang baru mau memulai bisnis online, biasanya bertanya bagaimana dan dari mana seseorang harus memulainya? Jawaban setiap orang memang bisa bervariasi, tapi saya akan menjawabnya seperti ini:

Bagian Pertama: Apakah pada saat ini, Anda sudah memiliki bisnis offline? baik yang menjual produk sendiri, menjualkan produk orang lain maupun menawarkan jasa? punya toko, usaha kecil-kecilan, UKM, dan seterusnya. Bila jawabannya iya, saya cenderung untuk menyarankan agar ia langsung memikirkan bagaimana ia bisa menggunakan internet sebagai media untuk meleverage ( membuat daya ungkit ) bisnis yang sudah ada sekarang ini.

Jika bisnis Anda adalah jualan produk, maka  Anda bisa membuat website untuk menampilkan produk Anda, memberikan kontak person Anda berupa email dan telp / hp Anda di website dan bisa mulai berjualan.

Dan bila bisnis Anda sekarang adalah bisnis jasa, Anda bisa mencari klien online di internet dengan website Anda. Untuk bisnis Jasa, Anda bisa menampilkan portofolio yang pernah Anda kerjakan, daftar klien offline yang pernah menggunakan jasa Anda dan Anda tampilkan juga di website dan gunakan internet untuk mencari klien baru.

Perlu anda ketahui bahwa internet memiliki sebuah market tersendiri berbeda dengan offline. Dengan memulai bisnis Anda di internet, berarti Anda memperbesar market Anda. Anda akan memiliki sebuah bisnis yang bergerak secara offline dan online untuk menjual produk atau menawarkan jasa Anda.

Pada bagian pertama ini, keahlian yang Anda perlukan adalah:

Keahlian membuat websitenya. Hal ini bisa Anda kerjakan sendiri dengan belajar bagaimana membuat website bisnis online. Saya sudah siapkan panduannya secara lengkap, anda bisa order / mendaftar disini atau anda bisa juga dengan membayar programmer untuk membuat website Anda.

Keahlian internet marketing. Keahlian berikutnya yang bisa Anda pelajari adalah keahlian internet marketing, yaitu bagaimana cara Anda memasarkan produk bisnis online. Bila website Anda sudah jadi, tentunya sales tidak bisa datang dengan sendirinya. Anda perlu mempromosikan website Anda. Jadi ada 2 hal yang perlu Anda pelajari.

Bagian Kedua: Pada bagian kedua ini diperuntukkan bagi yang tidak punya produk apa-apa yang akan dijual dan tidak juga punya jasa untuk ditawarkan. Maka saran saya yaitu mulai dengan belajar affiliate marketing yaitu belajar memasarkan produk orang lain dengan mengikuti sebuah program affiliate. Penghasilan Anda nantinya didapatkan bila Anda berhasil menjual produk affiliasi yang Anda ikuti.

Yang Anda perlukan adalah memilih sebuah program affiliasi yang menjual produk tertentu. Bisa program affiliasi lokal maupun dari luar negeri. Bisa pay per lead ( dibayar berdasarkan prospek yang didapat ) dan bisa juga pay per sales ( dibayar hanya bila prospek tersebut membeli ).

Sesudah Anda memilih sebuah program affiliasi  yang cocok bagi Anda selanjutnya adalah belajar memasarkannya. Berikan target kepada diri Anda, contohnya target saya minimal menghasilkan 5 sales, baru bila sudah Anda capai maka Anda akan lanjut ke tahap belajar yang berikutnya.

Pada bagian kedua ini, keahlian yang Anda perlukan adalah:

Keahlian untuk memasarkan produk ( internet marketing ). Anda bisa mulai pikirkan bagaimana cara Anda mempromosikannya. Tips dari saya, Anda perlu mengetahui dengan jelas siapakah orang-orang yang akan tertarik membeli produk affiliasi tersebut, orang seperti apa, dan yang terpenting dimanakan mereka berada di internet.

Kalau produk affiliasi yang Anda pilih tentang belajar saham contohnya, maka Anda bisa mulai mencari dimanakan orang-orang yang tertarik untuk belajar saham tersebut berkumpul. Bisa di forum tentang saham, bisa di mailing list dan sebagainya. Dan yang Anda lakukan adalah memperkenalkan produk affiliasi tersebut ke mereka. Dan nantinya, bila Anda mempromosikan ke market yang tepat, biasanya tinggal statistik saja berbicara, contohnya dari 100 orang yang mengklik link affiliasi Anda, ada 1 yang beli dan seterusnya.

Berikanlah target untuk dicapai, dan bila sudah tercapai, mulailah dengan belajar ke tahap selanjutnya dengan mempromosikan program affiliasi tersebut dengan menggunakan website yang khusus mempromosikan produk affiliasi tersebut ( belajar membangun list dan juga SEO ) atau Anda mau mulai menjual produk Anda sendiri juga bisa, karena Anda sekarang sudah memiliki 1 cara yang berhasil menghasilkan sales untuk Anda.

Kalau Anda memiliki pendapat lain, silahkan Anda memberikan komentar pada form komentar di bawah. Thanks.

 

banner468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: