468x60_banner

Cara Memulai Bisnis Online

banner468x60
banner160x600

Di postingan terdahulu saya sudah membahas tentang Bisnis Online yang sangat menjanjikan. Pertumbuhan bisnis online sekarang ini, khususnya di Indonesia, masih akan menanjak. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat sangat membantu pertumbuhan bisnis online. Dengan jumlah pengguna internet yang meningkat, maka akan semakin luas kesempatan untuk membangun bisnis online atau peluang bisnis online masih sangat terbuka untuk para pemula. Bukankah ini sebuah kesempatan dan peluang emas?

Bagi anda yang memang pingin serius terjun dalam bebisnis online, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis online:

  • Masyarakat makin cerdas. Pengguna internet makin cerdas dalam melihat berbagai penawaran bisnis online. Mereka bisa membedakan dan memilih produk-produk yang berkwalitas sebagai panduan membangun bisnis online.
  • Akses internet lewat handphone. Pengakses internet lewat handphone akan semakin besar dan bukan tak mungkin nantinya akan melebihi jumlah pengakses lewat komputer.
  • Transaksi online semakin menggembirakan. Kepercayaan masyarakat terhadap transaksi internet semakin baik. Masyarakat semakin terbuka dan nyaman untuk bertransaksi melalui internet. Dukungan berbagai saluran transaksi keuangan online akan memudahkan pengguna internet. Oleh sebab itu  jadikan internet sebagai tempat yang nyaman dan aman buat kita semua. Jauhi hal-hal tidak baik dan merugikan perkembangan bisnis internet.
  • Facebook dan Google ikut menentukan bisnis online di masa depan. Terlihat dari tahun ke tahun, bagaimana perusahaan tersebut saling berlomba mengeluarkan produk/fitur barunya untuk saling merebut  pasar masing-masing.
  • Fenomena di atas akan ikut mewarnai perjalanan bisnis internet beberapa tahun ke depan. Namun, tak perlu ragu untuk segera terjun ke bisnis internet. Pasar besar di internet menanti anda. Niche-niche baru juga terus bermunculan sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Bagaimana cara Memulainya?

Contoh cara memulai bisnis online sudah saya kemas dalam sebuah panduan dan tutorial di Sistimbisnis. Didalam Sistimbisnis terdapat panduan memulai dan membangun bisnis online secara lengkap, diantaranya dengan menyiapkan produk yang akan Anda jual, membuat situs webnya, dan melakukan promosi tiada henti. Pada tahap promosi inilah sering kali pebisnis online pemula mudah menyerah saat hasil yang diinginkan belum tercapai.

Memiliki bisnis online itu hebat, bisa memberi Anda kemakmuran dan persiapannya cukup  mudah. Tapi faktanya, jika Anda tidak menggunakan strategi marketing yang baik dan teruji, maka bisnis online yang Anda miliki bisa menguap tak bersisa. Dan dia akan hilang selamanya.

Kalau anda amati beberapa program bisnis online pamit tanpa permisi sepanjang tahun ini. Memang jauh lebih banyak lagi pebisnis online baru yang hadir. Ibaratnya, mati satu tumbuh seribu.  Tapi setidaknya, anda bisa berkaca dari mereka.

Apa solusinya?

Miliki marketing strategy yang solid. Strategi marketing yang kokoh bukan saja akan menyelamatkan bisnis Anda, namun juga akan membawa bisnis Anda mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

 

Beberapa hal yang harus anda lakukan:

1.  Mempertajam Marketing Di Social Media. Social media masih memegang peran penting dari tahun ke tahun berikutnya.Banyak pengguna akan betah berlama-lama di social media untuk berinteraksi. Sebagai marketer, anda perlu mempertajam aktivitas marketing anda serta melakukan analisa secara mendalam. Sehingga dari sana anda tahu siapa dan seperti apa pelanggan bisnis anda, anda juga bisa tahu apa  saja yang diinginkan konsumen dan bagaimana menyelaraskannya dengan bisnis online anda.

2.  Mengintegrasikan. Hendaknya berbagai macam saluran marketing anda terintegrasi. Ini akan membantu anda dalam mengenali kebiasaan para konsumen, sehingga anda bisa melayani mereka dengan lebih baik.

3.  Meningkatkan Prospek Yang Berkualitas. Cari dan temukan prospek berkualitas.  Fokuskan aktivitas marketing anda pada prospek jenis ini sebab akan membantu peningkatan konversi penjualan anda.

4.  Peka Menangkap Peluang. Di internet, masih sangat banyak “lahan kosong” yang tak tergarap dengan baik. Kejelian dan kepekaan anda dalam menangkap peluang bisnis baru, bisa menjadi lahan subur yang menghasilkan banyak keuntungan.

Terakhir, penting diingat segala macam alat dan situs web di internet seperti Facebook, Twitter, atau blog tak lebih sebagai sarana. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana anda mampu mengoptimalkannya sehingga mampu melayani pelanggan anda sebaik mungkin dan membuat bisnis online anda terus melaju kencang.

Kalau anda tertarik untuk mencoba, silahkan klik disini untuk memulainya.

Salam sukses.

 

banner468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: