468x60_banner

Perbedaan Bisnis Online Affiliasi Dengan Multi Level Marketing

banner468x60
banner160x600

Kepada pembaca setia sistimbisnis, kali ini saya hanya ingin sedikit meluruskan arti dari istilah bisnis online affiliasi atau sering disebut program reseller dengan MLM ( Multi Level Marketing ). Inspirasi dari menulis artikel bisnis online ini disebabkan karena banyaknya pemula terutama Pebisnis online seperti saya yang sering men-salah artikan atau terjadi kesalahpahaman dan menganggap sama dari arti bisnis affiliasi / bisnis online reseller dengan MLM. Padahal dari kata-katanya saja sudah beda, betul gak?

Pada postingan sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan apa itu affiliate marketing dan juga Multi level marketing. Affiliate marketing adalah jenis bisnis yang apabila seseorang / member ( affiliate Marketer ) menjual barang / jasa dari merchant ( pemilik produk / jasa ) maka member tersebut akan dibayar dan mendapatkan komisi, sedangkan MLM atau pemasaran berjenjang ( bertingkat ) merupakan sistem penjualan secara langsung ( direct selling ), biasanya perusahaan memanfaatkan konsumen / membernya untuk menyalurkan produk mereka dan konsumen tersebut mendapatkan bonus.

Kemudian apa yang membedakan? Khan mereka sama-sama dibayar?

Berikut ini Perbedaan Bisnis Affiliasi (reseller) Dengan MLM (Multi Level Marketing):

  1. Bisnis Affiliasi  ( Reseller ). Biasanya bisnis ini terputus, tidak ada sistem kaki / bertingkat, jadi barang siapa yang menjual produk atau jasa maka dia hanya menikmatinya sendiri sedangkan orang yang merekrut sebelumnya tidak mendapatkan komisi jadi yang hanya dapat adalah pemilik produk dan sama penjual tadi. Contoh: Misalkan si (A) menjual ke (B) kemudian menjual ke (C) maka si (A) tidak dapat apa-apa.
  1. Multi Level Marketing ( MLM ). Kalau bisnis ini kebalikan dari affiliasi, pada MLM biasanya penjualan melalui jaringan baik secara langsung maupun tidak, jadi apabila member tersebut menjual barang / jasa ke konsumen lain maka member yang sebelumnya merekrut dia atau diatas member pada satu jaringan akan mendapatkan bayaran beserta bonusnya. Contoh: Misalkan si (A) menjual ke (B) kemudian menjual lagi ke (C) maka si (A) mendapatkan komisi.

Mudah-mudahan dari artikel singkat diatas dapat menambah dan mempertajam pemikiran kita serta bisa membedakan terhadap kedua jenis bisnis ini dan tidak terjadi lagi kesalahpahaman mengenai bisnis online affiliasi ( reseller ) dengan Multi Level Marketing ( MLM ) untuk masa akan datang.

Sekian..

 

banner468x60
Tags:
author

Author: